Dirgahayu HUT Republik Indonesia ke-67

17 Agustus 2012, bertepatan dengan 28 Ramadhan 1433 H, genap 67 tahun Indonesia merdeka. 67 tahun bukanlah usia yang masih muda apalagi balita, usia 67 sudah masuk usia tua. Usia 67 sebenarnya sudah melampaui usia kematangan dan kejayaan. Pertanyaan yang selalu muncul setiap peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus setiap tahun adalah: Benarkah Indonesia sudah merdeka?

Secara de jure, jawabannya YA, Indonesia sudah merdeka sejak 17 Agustus 1945. Tapi secara de facto jawabannya, BELUM. Indonesia masih terus dijajah sampai saat ini. Belum mendapatkan kemerdekaan yang sebenarnya dan sesungguhnya. Bangsa ini masih berada dalam bayang-bayang dan kekuasaan bangsa lain, penguasa dunia dan bahkan mungkin pemerintahnya sendiri.


Penjajahan yang masih dialami bangsa Indonesia sampai saat ini bukanlah penjajahan secara fisik dalam artian perang, namun penjajahan dalam bidang ekonomi, penjajahan dibidang politik, penjajahan dibidang hukum, penjajahan di bidang keamanan, penjajahan budaya, sosial, penjajahan di bidang pendidikan dan sebagainya.


0 Response to "Dirgahayu HUT Republik Indonesia ke-67"