Sekali lagi tentang Rezeki

MENGAPA RIZKI BELUM KUNJUNG DATANG PADAHAL AKU SUDAH BERUSAHA KERAS

Dr. Amir Faishol Fath

Menjawab pertanyaan ini sebagai berikut :

1. Kita harus beriman kepada qadha dan qadarNya Allah swt. Bahwa di atas segala usaha dan ikhtiyar ada takdir yang menentukan apa yang kita perjuangkan. Sekalipun usaha kita sudah mencapai 99% tetapi yang satu itu (maksudnya takdir) belum turun maka rizki belum waktunya kita raih. ini harus maksimal kita yakini. Sehingga apapun yang terjadi kita tidak pernah kecewa. Lebih dari itu kita akan selalu ridha dengan ketentuanNya.

2. Kita harus yakin bahwa tidak ada rizki tertukar. Jadi sekalipun semua manusia berusaha merebut lahan rizki itu, tetapi jika itu memang rizki anda maka ia akan tetap jatuh ke tangan anda. Jadi tidak perlu anda khawatir pun juga tidak pelu anda dengki terhadap apa yang telah dicapai orang lain. Sebab memang itu rizki anda dan yang lain rizki orang lain yang sudah dijatahkan olehNya.

3. Kewajiban kita hanya berikhtiyar secara maksimal. Dalam ikhtiyar ini perlu dua hal pokok : Pertama apa yang kita usahakan tetap dalam koridor yang halal. Kedua cara yang kita gunakan adalah cerdas dan efektif. Jika kedua pokok tersebut telah masksimal maka rudhalah terhadap apa yang kita dapatkan. Sebab di sini keberkahan akan turun.

Wallahu alam bishshawab.

0 Response to "Sekali lagi tentang Rezeki"