Pengumuman CPNS 2014 di Sumbar Mundur

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumbar belum juga menerima pemberitahuan resmi terkait jadwal penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014. Padahal dalam jadwal semula, pendaftaran seleksi dimulai 20 Agustus ini.

Tidak hanya itu, penetapan rincian formasi untuk lingkungan pemprov juga masih belum diterima. “Hingga kini belum ada informasi terbaru penerimaan CPNS. Pada 20 Agustus nanti kami diundang rapat bersama di Kementerian PAN RB,” terang Kabid Formasi dan Informasi BKD Sumbar Syafnirwan, Senin (18/8) di Padang.
Di lain pihak, kemarin Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) mengadakan sosialisasi CPNS dengan sistem computer assisted test (CAT) di Universitas Syah Kuala, Banda Aceh.
Berdasarkan informasi dari laman setkab, simulasi CAT ini dilaksanakan atas permintaan dari masyarakat di daerah tersebut, agar calon pelamar CPNS lebih siap dalam menghadapi tes kompetensi dasar (TKD) sistem baru ini. “Kami juga mengundang Kepala BKPD di wilayah Aceh untuk menghadiri sosialisasi ini, karena nantinya merekalah yang akan melaksanakan tes di daerahnya,” ujar Kepala Bagian Komunikasi Publik Kementerian PAN-RB Suwardi di Jakarta.

Ditambahkan Suwardi, panitia menyiapkan sekitar 50 unit laptop, dengan harapan bisa menampung sekitar 2.000 peserta. Seperti simulasi CAT di sejumlah kota sebelumnya, kegiatan ini merupakan kerjasama Kementerian PANRB, Badan Kepegawaian Negara (BKN), Universitas Syah Kuala, Management Systems International (MSI). Setelah Aceh, sosialisasi sistem CAT juga akan dilaksanakan di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau pada 25 Agustus mendatang. Sementara di Sumbar belum dilaksanakan.

Sebelumnya, Pemprov Sumbar menerima kuota penerimaan CPNS untuk sebanyak 147. Jumlah itu diajukan berbanding terbalik dengan 2013, yang lebih banyak teknis. Pada 2014, justru jurusan umum mencapai 80 persen, dan teknis 20 persen. Seperti, Disprasjal dan Tarkim, hanya diajukan tiga orang formasi, begitu juga di PSDA, dialokasikan tiga formasi.

Bahkan, pada tahun ini, pemprov mengalokasikan kuota 10 formasi untuk berbagai jurusan yang ditamatkan perguruan tinggi. Tujuannya agar, jurusan yang ada di perguruan tinggi tetap diminati calon mahasiswa. Karena kecendrungan akhir-akhir ini, calon mahasiswa memilih jurusan yang banyak diterima untuk PNS.

0 Response to "Pengumuman CPNS 2014 di Sumbar Mundur"