Pendaftaran CPNS 2014 Bakal Diundur Lagi

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) akan membuka pendaftaran secara online seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS), melalui portal nasional Panselnas pada 20 Agustus, hari ini. Para pelamar yang berminat bisa mengunjungi 
Situs http://sscn.bkn.go.id dan https://panselnas.menpan.go.id/ untuk pendaftaran online dan mendapatkan informasi lainnya. 

Pendaftaran CPNS 2014 online melalui situs http://sscn.bkn.go.id, untuk menjamin transparan dan akuntabel.
Selain itu, seleksi ini juga dimaksudkan agar setiap PNS yang lolos kompeten dan terbebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Pendaftaran akan dilaksanakan secara serentak dan terintegrasi melalui sistem pendaftaran (registration) online. Sistem pendaftaran online ini diperuntukkan bagi pelamar yang akan mengisi formasi umum di instansi pusat maupun daerah.

Formasi nasional terdiri dari formasi K/L (Kementerian dan Lembaga) dan formasi di instansi pemerintah provinsi/kabupaten/kota. Kementerian PAN-RB telah mengumumkan 68 kementerian dan lembaga yang membuka formasi.

Sedangkan untuk formasi daerah terdiri atas 400 instansi, 28 pemerintah provinsi dan 455 pemerintah kabupaten/kota.

Panitia seleksi nasional melakukan penyederhanaan pendaftaran, dengan pendaftaran sistem online melalui website panselnas.menpan.go.id untuk semua lulusan baik SMA, D3, S1.

Dari laman http://panselnas.menpan.go.id/ yang kemudian dilanjutkan ke laman demo https://panselnas.menpan.go.id, panselnas.menpan.go.id, terdapat sejumlah syarat yang perlu diperhatikan.
Di antaranya, seleksi hanya dapat diikuti melalui tahap pendaftaran di portal ini, pendaftar wajib memiliki alamat surat elektronik yang berlaku.

Dikutip dari laman Setkab, Selasa (19/8), disebutkan Menpan juga merinci imbauan lain seperti mengisi formulir dengan cermat hingga imbauan penerimaan dilakukan tanpa dipungut biaya.

Sebelum dapat melakukan ujian, persyaratan utama calon peserta harus melakukan regristasi online di website resmi pendaftaran.

Setelah melakukan registrasi di web site resmi, peserta harus melengkapi syarat-syarat yang akan dibawa di pelaksanaan tes. Tak serentak Waktu pembukaan pendaftaran CPNS tidak akan berlangsung serempak.
Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Tasdik Kinanto mengatakan, hal ini karena sebagian besar pemerintah daerah belum menyampaikan rincian formasi CPNS di masing-masing wilayahnya.

“Kalau kementerian dan lembaga di pusat sudah tidak ada masalah, semuanya sudah siap. Yang kurang cuma yang dari daerah, itu banyak yang belum masuk,” kata Tasdik yang dikutip detikcom.
Belum masuknya rincian formasi CPNS dari sebagian besar pemerintah daerah provinsi maupun kabupaten, lanjut Tasdik, disebabkan para pejabat teknis kesulitan dalam menentukan detil jabatan yang diperlukan.
“Mungkin karena format pengajuannya yang harus detil sekali soal jabatannya dan persyaratannya. Mereka kesulitan di situ,” terangnya.

Tasdik enggan merinci pemerintah daerah mana saja yang belum menyampaikan rincian formasi jabatan CPNS. Namun, dirinya memastikan dengan sudah disampaikannya rincian formasi oleh kementerian/lembaga di tingkat pusat serta sebagian pemerintah daerah, maka proses pembukaan pendaftaran akan dilakukan tepat waktu.
“Proses tetap berjalan sesuai jadwal. Yang sudah menyampaikan rincian tetap akan membuka pendaftaran 20 Agustus 2014. Yang terlambat menyampaikan akan membuka setelah mendapat penetapan dari Menteri PAN-RB,” tuturnya.

Pendaftaran dan seleksi berkas dilakukan mulai 20 Agustus hingga 3 September. Tahap berikutnya adalah pelaksanaan ujian dan tes CPNS dimulai pada 8 September sampai selesai.

Sementara pengumuman peserta yang lulus menjadi CPNS melalui website dilakukan pada November-Desember 2014. Tahap akhir adalah penyerahan Surat Keputusan CPNS pada Desember 2014 sampai Februari 2015. CPNS dapat mulai bekerja untuk masa bakti satu tahun sebelum dapat diangkat menjadi PNS.

Harus lebih baik Presiden baru punya setumpuk tugas berat yang telah menanti, salah satunya adalah soal Aparatur Sipil Negara (ASN) baik PNS maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).
Tasdik Kinanto menegaskan, pemerintahan baru harus bisa menciptakan pelayanan publik yang semakin memuaskan. 

“Negara yang maju cirinya adalah pelayanan publiknya bagus. Keberadaan dan kehadiran negara bisa dirasakan masyarakatnya,” katanya. 

Tasdik menuturkan, agar keberadaan negara dapat dirasakan masyarakat, maka pembenahan di bidang sumber daya manusia aparatur negara adalah hal yang mutlak. Menurutnya, penyelenggaraan layanan masyarakat oleh negara harus dilakukan seperti menjalankan sebuah perusahaan.

“Ada sistem pengawasan yang jelas terhadap aparatur negara sehingga pelayanan publik jadi lebih baik. Proses-proses perizinan harus dipermudah, diperjelas, dipersingkat. Nggak ada lagi PNS yang lelet dalam memberikan pelayanan, apalagi sampai mempersulit,” tegasnya. 

Tasdik meminta agar pemerintahan baru dapat meneruskan reformasi birokrasi yang telah dimulai pada masa pemerintahan ini. “Dalam Undang-undang ASN semua sudah tertuang, sudah diatur dari mulai perekrutan aparatur negara sampai pemberhentiannya. Pemerintah yang baru tinggal melanjutkan. Yang sudah terlaksana dengan baik harus diawasi, yang belum harus dilaksanakan,” paparnya.

Usia pensiun PNS diperpanjang Pemerintah telah menetapkan Undang-undang terkait penyediaan dan pengembangan Aparatur Sipil Negara (ASN). Salah satu perubahan mendasar yang terjadi adalah naiknya ambang Batas Usia Pensiun (BUP). Dampaknya, kebutuhan ASN baru terutama dari Pegawai Negeri Sipil (PNS) juga ikut berkurang. 

“BUP-nya meningkat, jadi masa kerja PNS lebih lama. Dampaknya yang pensiun lebih sedikit. Karena yang pensiun lebih sedikit maka kebutuhan PNS baru juga ikut berkurang,” kata Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja di.
Pada tahun ini, dampak naiknya usia pensiun mulai dirasakan. Bila setiap tahunnya jumlah PNS yang pensiun mencapai sekitar 125 ribu orang, tahu ini turun menjadi sekitar 100 ribu orang.

“Sebelum 2014, kuota (PNS baru) yang diberikan selalu di atas 150 ribu orang karena yang pensiun selalu tinggi. Tahun ini kuota yang disediakan hanya 100 ribu. Ke depan, jumlah penerimaan akan semakin kecil di bawah 100 ribu orang karena yang pensiun juga sedikit,” terangnya. 

Dengan menurunnya jumlah PNS baru yang direkrut ini, diharapkan negara dapat menghemat anggaran yang sedianya diperlukan untuk kebutuhan perekrutan aparatur baru setiap tahunnya. 

Sebelumnya telah ditetapkan batas usia pensiun PNS untuk pegawai pada jabatan administrasi menjadi 58 tahun. Dengan perubahan batas usia pensiun PNS dari 56 tahun menjadi 58 tahun bagi eselon III ke bawah (jabatan administrasi), dan untuk eselon II dan I menjadi 60 tahun, sekitar 11 ribu PNS tertahan masa pensiunnya

Pendaftaran online calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2014 dibuka mulai hari ini. Calon pelamar bisa mendaftar dan mencari informasi lewat http://sscn.bkn.go.id. Pemerintah menyediakan 63.752 tempat untuk pelamar, masing-masing 24.928 formasi pusat dan 38.824 formasi daerah.

Pendaftaran CPNS dilaksanakan serentak dan terintegrasi lewat sistem pendaftaran online. Formasi nasional CPNS 2014 terdiri dari formasi kementerian dan lembaga dan formasi di instansi pemerintah provinsi/kabupaten/kota.

Ada 68 kementerian dan lembaga yang membuka formasi, masing-masing tiga kementerian koordinator, 27 kementerian, 28 lembaga pemerintah non-kementerian, serta lembaga dan sekretariat lembaga negara.

Formasi daerah terdiri atas 28 pemerintah provinsi dan 455 pemerintah kabupaten/kota, masing-masing 10 provinsi di Pulau Sumatra dan sekitarnya; sembilan provinsi di Pulau Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara; lima provinsi di Pulau Kalimantan; enam provinsi di Pulau Sulawesi; dan empat provinsi di Kep Maluku dan Papua.

Panitia Seleksi Nasional CPNS 2014 menyederhanakan pendaftaran CPNS, yakni dengan pendaftaran sistem online melalui website panselnas.menpan.go.id untuk semua lulusan: SMA, D-3, maupun S-1.(Setgab.go.id)

0 Response to "Pendaftaran CPNS 2014 Bakal Diundur Lagi"