Kota Solok Kota Sehat Raih Piala Swasti Saba Wiwerda

Kota Solok ditetapkan Kota Sehat Bersama 94 Kota/ Kabupaten lainnya dan meraih Piala Swasti Saba Wiwerda dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Dimana Kota Solok dinilai mampu memenuhi indikator empat tatanan diantaranya kawasan pemukiman, sarana dan prasarana, sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, ketahanan pangan dan gizi serta kehidupan masyarakat yang mandiri.

Dengan terpenuhinya kriteria tatanan kesehatan ini, Kota Solok berhak meraih penghargaan Swasti Saba Wiwerda (tahap pembinaan) yang langsung diserahkan oleh Menteri Kesehatan Republikm Indonesia dr.Nafsiah Mboi, S.pA, MPH di Hotel Merlynn Park Jakarta Barat usai Walikota/Bupati menandatangani Komitmen Cinta Kesehatan.

Menurut Menteri Kesehatan Republik Indonesia, penghargaan Kota Sehat adalah suatu bentuk penghargaan yang diberikan oleh pemerintah Pusat kepada pemerintah daerah Kabupaten dan Kota yang telah memberikan kontribusi besar terhadap tujuan pembangunan kesehatan.

“Melalui penghargaan ini, diharapkan memberikan motivasi bagi seluruh masyarakat yang berada di Kabupaten dan Kota untuk secara bersama-sama membangun kepedulian di bidang kesehatan” lanjutnya. Penilaian ini dilakukan melalui tahapan verifikasi mulai dari tingkat provinsi yang selanjutnya diverifikasi ulang oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia berdasarkan indikator khusus. Indikator khusus diantaranya kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan hutan sehat, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pangan dan gizi, kawasan kahidupan masyarakat sehat yang mandiri serta kahidupan sosial yang sehat.

Piala Swasti Saba Wiwerda diterima langsung oleh Wakil Walikota Solok H. Zul Elfian, SH, M.Si. Usai menerima penghargaan Wakil Walikota Solok mengaku , bahwa penghargaan Swasti Saba Wiwerda yang diraih Kota Solok merupakan satu-satunya yang diraih Kabupaten/ Kota se Sumatera Barat.

“Kami akan terus berupaya melakukan perbaikan-perbaikan dan penambahan sarana dan prasarana kesehatan, melatih sumber daya manusia dibidang kesehatan dan juga menciptakan lebih banyak komunitas masyarakat yang sehat mandiri, bahkan memaksimalkan anggaran kesehatan” Jelas Zul Elfian.

1 Response to "Kota Solok Kota Sehat Raih Piala Swasti Saba Wiwerda"