Mengapa Golkar belum tunjuk capres?

IQBAL ANAS
direkturb@gmail.com

Sejumlah kalangan bahkan kader-kader Golkar sendiri mempertanyakan sikap partai Golkar yang masih adem ayem dan belum memberikan sinyal siapa yang akan diusung partai pemenang pemilu 2004 ini menjadi calon presiden.Dengan alasan menunggu hasil pemilu legislatif 2009, Golkar sengaja belum menentukan siapa yang akan diusung menjadi presiden.

Namun kalau dilihat partai-partai lain, demokrat misalnya sudah dengan sangat percaya diri mencalonkan Susilo Bambang Yudoyono sebagai capresnya di 2009.PDIP pun sama, dengan mantap kembali mengusung Megawati sebagai capres 2009, walaupun pernah gagal. Pertanyaannya kenapa Golkar tidak PD mencalonkan Yusuf Kalla sebagai capresnya di 2009? Padahal Yusuf Kalla adalah ketua umum Golkar dan juga wakil presiden. Apakah ini bentuk ketidakpedean Golkar?

Sebagai partai besar, partai pemenang pemilu 2004, partai yang sudah sangat lama, seharusnya partai Golkar memiliki kepercayaan diri yang sangat tinggi. Surya Paloh sebagai Ketua Dewan Penasehat Golkar mengatakan, sangat logis bila Golkar sebagai partai besar sudah tahu siapa yang akan dibesarkan menjadi capres satu tahun sebelumnya.Surya Paloh juga mengingatkan bahwa untuk tahun 2014 nanti hal ini tidak boleh lagi terjadi. Demikian disampaikan Surya Paloh dalam pertemuan nasional Caleg DPR di kantor DPP Golkar Slipi, Jakarta Barat, Rabu (18/2)."Masalahnya, itu semua adalah konsekuensi Ketua Umum Golkar menjadi wapres yang selalu seiya sekata dan senasib dengan presidennya sampai akhir jabatan. Karena ini dianut oleh ketua umum kita, maka partai harus menanggung resikonya juga," katanya.

Namun benarkan demikian kenyataannya? bukankah dalam iklan-iklan politik Golkar terkesan adanya klaim masing-masing terhadap kesuksesan antara presiden dan wakil presiden. Kalau dalam iklan partai Demokrat mengusung kesuksesan SBY menurunkan harga BBM sebanyak tiga kali, dan dalam iklan partai Golkar mengusung kesuksesan partai Golkar melakukan swasembada beras.Tetapi ini bukti bahwa pemerintahan presiden dan wakil presiden tidak seia sekata, kesannya mau menunjukkan kerja masing-masing, bahwa kita yang paling sukses di antara yang lain.

Tulisan ini diterbitkan di :
http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&task=view&id=69009&Itemid=104

www.inilah.com/berita/citizen-journalism/2009/02/21/85360/mengapa-golkar-belum-tunjuk-capres/

0 Response to "Mengapa Golkar belum tunjuk capres?"