Defenisi Ilmu Sosial Menurut Beberapa Ahli

Dear Netter,

Pada kesempatan kali ini kita akan berbagi teori-teori tentang Ilmu Pengetahuan Sosial atau Ilmu Sosial menurut beberapa ahli yang mungkin dibutuhkan untuk keperluan skripsi dan tugas akhir kamu.



Pengertian Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) menurut Para Ahli
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) berasal dari Amerika dengan nama Social Studie. National Council for Social (NCSS) dalam Supardi (2011: 182) “Sosial studies is the integrated study of the social sciences and humanities to promote civic competence. Within the school program, disciplin as anthropology, archaeology, psychology, economics, geography, history, law, philosophy, political science, psychology, religion, and sociology, as well appropriate content from the humanities, mathematics, and the natural sciences.” (Savege and Armstrong, 1996)
Daftar Isi : Supardi. (2011). Dasar-Dasar Ilmu Sosial. Yogyakarta: Ombak 

Dalam UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dijelaskan bahwa:
“IPS merupakan bahan kajian yang wajib dimuat dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah yang antara lain mencakup ilmu bumi/geografi, sejarah, ekonomi, kesehatan dan lain sebagainya yang dimasudkan untuk mengembangkan pengetahui, pemahaman, dan kemampuan analisis peserta didik terhadap kondisi sosial masyarakat.”
Daftar Isi : UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

M. Numan Somantri (2001) menegaskan bahwa IPS merupakan perpaduan cabang-cabang ilmu-ilmu Sosial dan humaniora termasuk di dalamnya agama, filsafat, dan pendidikan, bahkan juga menyangkut aspek-aspek ilmu kealaman dan teknologi.
Daftar Isi : Somantri, M. N. (2001). Mengagas pembaharuan pendidikan IPS. Bandung: PT. rosda karya.

IPS merupakan bagian dari kurikulum yang mempunyai tanggung jawab untuk membantu siswa dalam mengembangkan pengetahauan, keterampilan, sikap, nilai yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam kehidupan masyarakat baik di tingkat lokal, nasioanl, maupun global (Enok Maryani dan Helius Syamsudin, 2009: 5).
Daftar Isi : Enok Maryani dan Helius Syamsudin. (2009). “Pengembangan Program Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Kompetensi Keterampilan Sosial”. Jurnal Penelitian. Vol. 9. No. 1, 5.


Djodjo Suradisastra dkk (1991: 4) mengatakan bahwa: “pada dasarnya IPS merupakan kajian tentang manusia dan dunia sekelilingnya”. Hal ini berarti yang menjadi pokok kajian dari pelajaran IPS adalah hubungan antar manusia dan lingkungan di dalam kehidupan nyata manusia 
Daftar Isi : Djodjo Suradisastra, dkk. (1991). Pendidikan IPS III. Jakarta: Depdikbud.

0 Response to "Defenisi Ilmu Sosial Menurut Beberapa Ahli"