Pakaian Perempuan

PAKAIAN PEREMPUAN.
Ust. Irsyad Syafar,Lc. MEd.
Pakar pendidikan islam dan anggota DPRD SUMBAR

Pakaian seorang perempuan menunjukkan kualitas tarbiyah ayahnya, tingkat ghirah saudaranya, dan sejauhmana kehormatan suaminya, serta seperti apa tingkat perhatian ibunya. Lebih dari itu, semua itu menunjukkan seberapa jauh perempuan itu merasakan muraqabtullah (pemantauan Allah).

Karena itulah, dahulu orang-orang berkata kepada Maryam saat punya anak tanpa ada suami:

يَا أُخْتَ هَارُونَ مَا كَانَ أَبُوكِ امْرَأَ سَوْءٍ وَمَا كَانَتْ أُمُّكِ بَغِيًّا

Artinya: "Hai saudara perempuan Harun, ayahmu sekali-kali bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina". (QS Maryam: 28).

Mereka bandingkan dia dengan ayahnya dan ibunya. Sebab, bila mereka semua orang-orang shaleh, niscaya anak perempuannya juga akan shalehah.

Salah seorang shalihin pernah berkata: "Perempuan yang berpakaian telanjang (tidak menutup aurat) adalah bukti kemurkaan Allah kepadanya. Sebab, Adam dan Hawa ketika Allah memarahi keduanya, Allah buka pakaian mereka berdua dan Allah perlihatkan aurat mereka."

Seorang perempuan berkata: "Ketika saya melihat seorang perempuan berpakaian dengan tabarruj (banyak berhias) dan tidak menutup aurat, maka aku  akan perhatikan kedua orang tuanya, dan aku teringat firman Allah di akhirat kelak:

"وقِفوهم إنهم مسؤولون..."

"Berhentikan mereka, sesungguhnya mereka akan diminta pertanggungjawabannya"

Maka aku berpakaian dengan baik dan menutup agar kedua orang tuaku tidak dimintai pertanggungjawaban kelak".

Semua yang Allah haramkan di dunia, Allah halalkan kelak di sorga, seperti tuak (khamar). Kecuali bertelanjang (tidak menutup aurat), sesungguhnya Allah mengharamkannya di dunia dan di sorga. Bahkan salah satu kesempurnaan nikmat sorga adalah pakaian atau busana yang terhormat. Allah Ta'alaa berfirman:

إِنَّ لَكَ أَلَّا تَجُوعَ فِيهَا وَلَا تَعْرَىٰ.

Artinya: "Sesungguhnya kamu tidak akan kelaparan di dalamnya dan tidak akan telanjang". (QS Thaha: 118).

* Karena itu, wahai kaum perempuan, tutuplah aurat dengan baik, demi kehormatan, harga diri dan kemuliaan Ayahmu, Ibumu, saudaramu, suamimu dan bahkan dirimu sendiri.

* Terjemahan dari sebuah tulisan

0 Response to "Pakaian Perempuan"