Hari Hari Terbaik

HARI-HARI TERBAIK

Hari ini, rabu 23 Agustus 2017, adalah hari pertama bulan Zulhijjah 1438 H. Sepuluh hari kedepan adalah hari-hari terbaik di sisi Allah Ta'alaa. Amal shaleh yang dikerjakan pada 10 pertama bulan Zulhijjah ini sangat tinggi nilainya dan paling Allah cintai. Bahkan pahalanya mengalahkan pahala jihad di jalan Allah.

Dalam hadits yang shahih diriwayatkan:

عن ابن عباس رضي الله عنهما أن النبي صلى الله عليه وسلم قال : ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأيام – يعني أيام العشر – قالوا : يا رسول الله ولا الجهاد في سبيل الله ؟ قال ولا الجهاد في سبيل الله إلا رجل خرج بنفسه وماله ثم لم يرجع من ذلك بشيء. رواه البخاري.

Artinya: Diriwayatkan dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : "Tidak ada hari dimana amal shalih pada saat itu lebih dicintai oleh Allah dari pada hari-hari ini, yaitu : Sepuluh hari dari bulan Dzulhijjah. Mereka bertanya : Ya Rasulullah, tidak juga jihad fi sabilillah ?. Beliau menjawab : Tidak juga jihad fi sabilillah, kecuali orang yang keluar (berjihad) dengan jiwa dan hartanya, kemudian tidak kembali dengan sesuatu apapun”. (HR Bukhari).

Dalam hadits lain, diriwayatkan:

عن ابن عمر رضي الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : ما من أيام أعظم ولا احب إلى الله العمل فيهن من هذه الأيام العشر فأكثروا فيهن من التهليل والتكبير والتحميد. ورواه الإمام أحمد.

Artinya: Diriwayatkan dari Umar Radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : "Tidak ada hari yang paling agung dan amat dicintai Allah untuk berbuat kebajikan di dalamnya dari pada sepuluh hari (Dzulhijjah) ini. Maka perbanyaklah pada saat itu tahlil, takbir dan tahmid”. (HR Ahmad).

Sangat jelas sekali dengan dua dalil shahih di atas, betapa 10 hari ini adalah hari-hari terbaik. Nabi Shallallahu alaihi wasallam mendorong semua kita untuk memperbanyak amal shaleh.

Para ulama menjelaskan bahwa amal shaleh yang dimaksud bisa mencakup:
1. Berhaji dan umrah.
2. Berpuasa sunnat.
3. Berinfaq dan sedekah.
4. Memperbanyak dzikir seperti tahlil, tahmid dan takbir.
5. Bertobat dari berbagai dosa dan maksiat.
6. Memperbanyak shalat sunnat, tilawah Al Quran, amar makruf dan nahi munkar.

Salah satu amal shaleh yang paling besar pahalanya, di salah satu hari yang 10 itu adalah puasa arafah pada tanggal 9 Zulhijjah.

Diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Abu Qatadah rahimahullah bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

صيام يوم عرفة أحتسب على الله أن يكفر السنة التي قبله والتي بعده .

Artinya: “Berpuasa pada hari Arafah karena mengharap pahala dari Allah melebur dosa-dosa setahun sebelum dan sesudahnya”. (HR Muslim).

Dan puncaknya pada tanggal 10 Zulhijjah sampai hari terakhir Tasyriq, amal shaleh yang paling Allah cintai adalah ibadah qurban.

Diriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

وقد ثبت أن النبي صلى الله عليه وسلم ضحى بكبشين أملحين أقرنين ذبحهما بيده وسمى وكبّر ووضع رجله على صفاحهما

“Berkurban dengan menyembelih dua ekor domba jantan berwarna putih dan bertanduk. Beliau sendiri yang menyembelihnya dengan menyebut nama Allah dan bertakbir, serta meletakkan kaki beliau di sisi tubuh domba itu”. [Muttafaqun ‘Alaihi].

Betapa meruginya bila hari-hari terbaik ini kita tidak ikut serta dalam kebaikan dan amal shaleh. Apalagi bila tidak ikut berqurban padahal Allah memberikan kelapangan. Nabi Shallallahu alaihi wasallam memberikan ancaman yang keras bagi orang yang tidak berqurban padahal mampu:

من كان له سعة ولم يضح فلا يقربن مصلانا. رواه أحمد و ابن ماجه والبيهقي.

Artinya: "Barang siapa yang memiliki kelapangan, lalu tidak berqurban, maka jangan sekali-kali mendekati tempat shalat kami". (HR Ahmad, Ibnu Majah dan Baihaqi).

Wallahu A'laa wa A'lam.

0 Response to "Hari Hari Terbaik"