Hidup itu Tantangan

Ceritanya.... Pada awalnya dulu,nelayan jepang untuk mendapatkan ikan,mereka berangkat ke lautan jauh agar mendapat banyak ikan...perjalanannya 2-3 hari untuk sampai di tempat ideal untuk menangkap ikan. Setelah mendapatkan banyak tangkapan,ikan ikan di bawa pulang...namun....

Sayangnya sesampai dipasar..ikan ikan tangkapannya telah mati..sedangkan orang di jepang tidak suka makan ikan sudah mati dan tidak segar...

ini masalah yang mereka para nelayan jepang kala itu hadapi...

Lalu nelayan2 berfikir cara lain,dan menemukan cara dengan membawa freezer didalam kapal mereka, dimana setiap ikan yang didapat dimasukkan kedalam freezer agar membeku. Sesampai di pasar, ternyata orang2 di jepang juga umumnya bisa membedakan mana ikan segar dan mana ikan yang sudah lama mati.

masih masalah yang dihadapi meskipun telah mencoba cara lain yang dianggap baik...

Kembali lagi berfikir para nelayan, bagaimaa cara agar ikan yang diperoleh tidak mati,masih segar dan disukai pembeli. Hingga mereka menemukan cara dengan membawa tong berisi air asin didalam kapalnya. Setiap ikan tangkapan dimasukkan kedalam tong tadi, dan dibawa ke pasar.

Sesampai di pasar, ikan ikan di dalam tong masih hidup.. Namun dalam keadaan lemas. Ikan ikan tak terbiasa hidup dalam tong yang sempit,tidak seperti lautan yang luas. Dan pada akhirnya, pembeli orang orang jepang pun tak suka ikan yang lemas, tidak segar.

Hingga akhirnya setelah berfikir banyak cara,sampailah pada cara terakhir. Dimana para nelayan membawa tong besar didalam kapal penangkap ikan mereka, namun kali ini berbeda, didalam tong di isi selain air laut juga 2 ekor anak ikan hiu. Dimana hiu biasanya memakan 4-5 ekor ikan per hari, dalam perjalanan pulang ke darat yang berjarak 2 hari, kedua anak hiu bisa menghabiskan 20 ekor ikan tangkapan.

Setiap ikan yang di tangkap nelayan,dimasukkan ke dalam tong. Dan setelah penuh tong nya, kemudian para nelayan kembali ke daratan dan seperti biasanya, mereka langsung mengantarkan ikan ikan tangkapannya ke pasar.

Sesampai di pasar,apa yang terjadi...? Ikan hasil tangkapan nelayan disukai pembeli, ikan nya masih hidup dan  juga lincah. tidak lemas apalagi mati. Orang2 jepang menyukai ikan segar.😊

Bagaimana bisa? Rupanya, Selama didalam tong, ikan ikan hasil tangkapan selalu berlomba agar tidak dimakan oleh hiu yang berada bersama mereka didalam satu tong, berlomba untuk bertahan dan mempertahankan hidup...

Hikmah pertama yang kita dapat petik adalah bahwa dalam kehidupan ini Kita diibaratkan sebagai ikan ikan hasil tangkapan didalam tong, dan masalah masalah yang kita hadapi diumpamakan adalah ikan hiu yang siap memakan kita. Masalah masalah yang ada terlihat menakutkan,tetapi itulah membuat kita mempunyai alasan untuk hidup, menjadi semangat untuk berusaha,dan memberikan motivasi agar tidak dimangsa hiu (masalah).

adanya masalah yang Allah hadirkan dalam kehidupan  membuat kita terus berfikir dan bergerak dan berkembang, masalah adalah sarana yang Allah Set berikan untuk kita mengembangkan diri, karena ada masalah lah kita berkembang dan maju.

Hikmah kedua, Ide Bagus tidak ada yang berhasil pada percobaan pertama. seperti  Nelayan jepang, mereka tidak menyerah ketika percobaan pertama gagal, mereka mencoba lagi dengan ide berikutnya. dalam kehidupan banyak orang gagal karena menyerah ide nya tidak berhasil.

padahal pada prinsipnya ide bagus tidak berhasil pada percobaan pertama, teruslah mencoba untuk tidak berhenti berfikir dan mencoba hal lain agar dapat menyelesaikan masalah.

Itulah kehidupan, akan selalu ada tantangan dan masalah, namun kita harus yakin bahwa, orang orang yang sukses adalah mereka yang menemukan masalah dalam pekerjaan atau hidupnya, lebih dulu daripada orang lain.

Selalu semangat dan Jangan pernah Menyerah.
Fitra Jaya Saleh.

0 Response to "Hidup itu Tantangan"