4 Rumus Gampang Cari Modal Usaha

Banyak orang yang beralasan tidak berwirausaha karena kendala modal. Padahal banyak cara untuk mendapatkan modal yang mudah dan cepat. Bagaimana tipsnya? Mas Fitra pengusaha 32 tahun dari salatiga dengan omset 2,4 Milyar satu tahun memaparkan bagaimacara mendapatkan modal yang mudah
 
Beliau menegaskan, dalam mencari modal segar, yang utama adalah kredibilitas, sedangkan Ide usaha itu nomor dua. Coba anda datang ke sebuah Rumah mewah yang penghuninya belum anda kenali.  Berkenalanlah dengan penghuni rumah itu dan mintalah modal. Kalaupun anda puny aide bisnis brilian, apakah orang itu akan memberikan modal untuk anda? Pasti jawabanya adalah tidak. Nomor satu adalah kridibilitas. Kalau anda jujur, modal itu gampang. 
 
Baru setelah anda punya kredibilitas, terapkan rumus berikut. 4 F (Family,  Friends, Funding, Fool). Jangan sekali-kali kalau anda pemula mencari modal dari bank. Family, cari modal dari lingkungan keluarga, coba anda list bapak, ibu, pakde, bude, keponakan, tante, anak dan lainya. Cari yang memiliki potensi memberikan modal, temui mereka dan presentasikan usaha anda. Kalau keluarga saja tidak percaya dengan anda apakah kira-kira bank akan percaya dengan anda? Mulai dari lingkungan anda
 
Yang kedua adalah Friends, teman dekat anda, seperti langkah pertama, list nama teman-teman anda, bisa 50 nama bahkan 100 nama, cari yang memiliki potensi memberikan modal, temuilah dan presentasikanlah ide usaha anda. Teman anda adalah orang yang tahu bagaimana kredibilitas anda. Jadi belajarlah bersikap baik danjujur kepada siapapun termasuk teman-teman anda. Suatu saat pasti anda akan membutuhkanya. 
 
Yang ketika adalah Funding, pemilik modal, ini agak sulit jika baru pemula, namun apabila usaha sudah jalan untuk mendapatkan tambahan modal, maka tidaklah sulit untuk mendapatkannya. Yang keempat adalah fool, he he, cari orang bodoh yang mau membiayai usaha anda. Adakah, ya siapa tahu, coba-coba barang kali ada yang mau berbaik hati bersedekah kepada anda karena kemauan anda yang keras untuk mencari modal. 
 
Itu tipsnya tetap semangat ya, terus belajar dan berusaha. 
 
Jangan takut kekurangan dana untuk modal usaha karena sumber dana ada di mana-mana menunggu Anda.
Anggap saja Anda sudah menentukan jenis usaha yang ingin Anda jalankan, memiliki perhitungan yang matang terhadap untung dan rugi, serta telah menganalisis permintaan pasar. Anda juga sudah bisa berhitung jumlah investasi yang harus Anda keluarkan. Tinggal satu tahap lagi yang harus Anda pikirkan: mendapatkan dana untuk modal.

Modal berupa uang bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber. Berikut ini adalah sumber-sumber yang mungkin bisa Anda pelajari.

Tabungan atau investasi pribadi. Sumber dana berupa uang ini meskipun terlihat mudah didapatkan, namun dalam praktiknya, seringkali sulit. Kadang keinginan dan semangat untuk berbisnis datang di saat dana pribadi yang dimiliki minim atau tidak ada sama sekali.

Pinjaman. sumber dana berupa uang ini bisa datang dari bank, pegadaian, atau fasilitas program pembiayaan yang seringkali diberikan oleh pihak Badan Usaha Milik Negara (BUMN), seperti program kemitraan dan bina lingkungan. Kementerian Pertanian, misalnya, memiliki program pembiayaan untuk usaha skala kecil menengah. Anda juga bisa melirik program pemerintah, seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri, yang sering memberikan bantuan pinjaman berupa uang.

Kemitraan. Sekarang ini disebut dengan angel investor. Anda mencari mitra pemilik modal untuk menjalankan ide-ide yang Anda miliki. Mitra ini bisa datang dari teman atau keluarga Anda, bahkan orang asing sekalipun. Asalkan, business plan yang Anda miliki memang menarik dan memiliki prospek yang besar.

0 Response to "4 Rumus Gampang Cari Modal Usaha"