Menang Pilkada Payakumbuh Afrizal Gantikan Riza Falepi Sebagai Anggota DPD


Dengan hampir dipastikannya Riza Falepi menang mutlak dalam Pemilukada Kota Payakumbuh, maka posisinya sebagai anggota DPD (Dewan Perwakilan Daerah) RI akan di-PAW (Pengganti Antar Waktu). Riza Falepi akan digantikan oleh Afrizal BAc.

Tim pemenangan Afrizal pada pemilihan DPD tahun 2009, Nofrianto Ucok mengatakan, dengan terpilihnya Riza Falepi sebagai Walikota Payakumbuh yang saat ini dia masih sebagai anggota DPD, tentu secara otomatis keanggotaannya di DPD akan digantikan oleh Afrizal yang pada waktu pemilihan DPD tahun 2009 berada pada urutan ke lima.

Menurut Nofrianto, proses selanjutnya tentu masih menunggu penetapan hasil Pemilukada Kota Payakumbuh yang akan diumumkan pada 18 Juli 2012 mendatang. Namun, hasil sementara dari rekapitulasi formulir C 1 dari 202 Tempat Pemungutan Suara (TPS), pasangan Riza Falepi-Suwandel yang jadi pemenangnya.

"Dengan kemenangan pasangan Riza Falepi - Suwandel, tentu posisi Riza Falepi sebagai anggota DPD RI akan digantikan secara otomatis oleh Afrizal yang waktu pemilihan anggota DPD asal Sumbar berada pada urutan ke lima," ujar Nofrianto kepada padangmedia.com, Jumat (13/7).

Dari penghitungan sementara, pasangan Riza - Suwandel atau yang dikenal F – Wan diperkirakan akan menang satu putaran hingga penghitungan selesai. Pasalnya, perolehan suara keduanya saat ini sudah mencapai 36 persen. Sementara, di bawahnya adalah pasangan Almaisyar - Dedrizal dengan 22 persen suara.

Dijelaskan, sebelum KPUD Kota Payakumbuh mengumumkan hasil resmi, data sementara tersebut sudah dapat dipercaya. Namun, di KPU Payakumbuh masih melakukan penghitungan hasil di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Penghitungan dilakukan sampai 15 Juli.

Sementara, menurut Ketua KPU Kota Payakumbuh, Hendrayani Pemilukada kota Payakumbuh berdasarkan hasil monitoring dari persiapan sampai pencoblosan Pilkada berjalan lancar.

0 Response to "Menang Pilkada Payakumbuh Afrizal Gantikan Riza Falepi Sebagai Anggota DPD"