Riza Falepi-Suwandel Menang Telak Pilwako Payakumbuh Satu Putaran

Pasa­ngan Riza Falepi-Suwandel Much­tar alias F-WAN, hampir dipas­ti­kan terpilih sebagai wali kota dan wa­kil wali kota Paya­kumbuh pe­rio­de 2012-2017, setelah pero­lehan suara sementaranya unggul jauh da­ri enam pasangan calon lainnya d­a­­lam pemungutan suara yang ber­lang­sung tertib, lancar dan de­mo­kratis, Rabu (12/7).

Berdasarkan real count (perhi­tu­ngan riil) yang dilakukan Padang Eks­pres di 202 tempat pemu­ngutan suara (TPS), pasa­ngan Riza Falepi-Su­wan­del Muchtar meraup 18.482 suara (36,13 per­sen). Pasangan diusung koalisi PKS-PDIP dan di­du­kung PKPI ini juga me­menangkan pemilihan di seluruh kecamatan.


Kemenangan paling telak dida­pat­kan pasangan F-WAN di Paya­kum­buh Utara. Dari 54 TPS di ke­ca­­matan ini, hampir 90 persen di­menangkan pasangan F-WAN. Pada setiap TPS itu, rata-rata F-WAN meraup lebih dari 100 suara.

Sehingga tidak heran, bila pun­di-pundi suara F-WAN di Pay­a­kumbuh Utara mencapai 6.681 atau 51,55 persen dari jumlah pemilih yang datang ke TPS. Selain di Payakumbuh Utara, F-WAN juga unggul di Paya­kum­buh Barat, Paya­kumbuh Ti­mur, Payakumbuh Sela­tan dan Lamposi Tigo Na­gari.

Posisi F-WAN diusul pasangan Almaisyar-De­drizal yang diusung  Partai Golkar, PPP, PBR, PKPB, PKB, PMB, PPRN, PDK, dan PNI Marhaenisme. Pasangan ini, berdasarkan real count se­jumlah lembaga, men­dulang 11.475 suara (22,43 per­sen).

Sementara calon incumbent (se­dang berkuasa), yakni pasangan Syam­sul Bahri-Weri Yunaldi diu­sung Partai Demokrat untuk se­men­tara harus puas pada pe­ring­kat ketiga, dengan pero­le­han 6.838 suara atau 13,37 per­sen. Disusul pa­sangan Haji Desra-Fitma In­dra­yani, dengan perolehan 5.271 suara atau 10,30 per­sen.

Walau baru berada pada peringkat empat, tapi perolehan suara pasangan Des­ra-Fitma sebenarnya cukup me­nge­jutkan. Maju dari jalur per­se­orangan atau independen, pasangan ini mampu mengungguli tiga pasang ca­lon wali kota dan wakil wali kota dua di antaranya dari partai politik (se­leng­kapnya lihat grafis).

Ketua KPU Payakumbuh Hendra Yani, didampingi Koordinator Divisi Teknis Maknius AM dan Koordinator Divisi Sosialiasi Yuzalmon, mengakui pasangan F-WAN memperoleh suara signifikan dalam Pilwako Payakum­buh 2012.

Sayang, KPU belum berani membeberkan hasil Pilwako. “Kita masih mengumpulkan data dari KPPS dan PPS. Kalau teman-teman yang langsung menjemput ke lapangan, tidak masalah untuk dimuat. Silakan saja,” ujar Hendra Yani kepada Padang Ekspres, Kamis ma­lam.

Hendra juga belum berani memastikan, apakah Pilwako Payakumbuh berlangsung satu puataran atau dua putaran. Tapi dia memprediksi Pilwako akan berlangsung satu putaran, bila pemenang memperoleh suara lebih dari 30 persen jumlah pemilih yang hadir.

”Aturannya memang begitu. Ka­lau pasangan calon mem­peroleh lebih dari 30 per­sen suara dari jumlah pemilih yang hadir, maka ia akan ditetapkan sebagai pemenang. Kita sendiri, baru akan menetapkan hasil Pilwako, Senin depan,” imbuh Yuzalmon dan Maknius AM.

Yakin 40 Persen

Sementara itu, pasangan F-WAN yakin menang satu puta­ran dalam Pilwako Paya­kum­buh. Hanya saja, sedikit ber­beda de­ngan hasil real count Padang Eks­pres dan sejumlah lembaga, pa­sangan F-WAN dalam jumpa pers di kantor PKS Paya­kum­buh, mengklaim mem­peroleh suara hampir 40 persen.

Alhamdulillah, berkat du­ku­ngan masyarakat, kita mem­pe­roleh suara mendakati 40 per­sen. Insya Allah, Pilwako Pa­ya­kumbuh akan digelar satu pu­taran. Ini tentu akan menghemat ang­g­aran daerah,” kata Riza Fa­lepi diamini Suwandel Much­tar, dalam jumpa pers yang dipandu Ketua Tim Kampanye Buya Nasrullah Nukman itu.

Riza Falepi juga menyam­pai­kan terima kasih kepada se­mua tim relawan, PKS-PDIP dan mas­yarakat. “Ini adalah ke­me­nangan rakyat Pa­yakumbuh. Ke­mena­ngan kita semua. Kami ber­teri­mah kasih,” ujar Riza Fa­lepi.

Sesuai dengan visi-misinya, se­but Riza, akan memimpin Pa­yakumbuh ke depan berbasis ilmu pengetahuan. “Kita juga per­lu jalur cepat dalam pem­bangunan,” sebut Riza.

Hal senada disampaikan Su­­w­andel Muchtar. “Kami ber­te­rimah kasih kepada seg­e­nap lapisan yang telah mendukung dan memberi kepercayaan. Bila kami salah, mohon ingat­kan kami,” ujar mantan Kepala Biro Perencanaan Unand ter­sebut.

Ketua PDI-P Sumbar Alex In­d­ra Lukman dan Ketua PDI-P Pa­­ya­kumbuh Aribus Madri me­nga­takan, kemenangan pa­sa­ngan F-WAN di Payakumbuh me­lengkapi kemenangan PDI-P dalam Pilkada di Indonesia, se­panjang Juli ini. “Sehari lalu, Cagub DKI dari PDI-P Jokowi juga unggul,” kata Alex.

Walau demikian, menurut Alex dan Aribus Madri, PDI-P tetap meyakini bahwa keme­na­ngan pasangan F-Wan adalah ke­menangan rakyat. “Pasangan F-WAN bukan wali kota dan wa­kil wali kota dari partai, bukan pula dari relawan, tapi wali kota dan wakil wali kota dari semua go­longan. PDI-P akan terus me­ngawal keduanya,” tegas Alex.

Ketua PKS Payakumbuh Su­parman juga bersyukur atas ke­menangan pasangan F-WAN.  “Mas­yarakat Payakumbuh ter­buk­ti sudah cerdas. Masyarakat ti­dak mau dibujuk, dirayu atau di­iming-imingi. Kemenangan pa­sangan F-WAN, insya Allah akan membuat masyarakat be­ru­bah ke arah lebih baik,” kata Su­parman.

Ketua Umum Relawan Anak Na­gari Payakumbuh untuk Pe­me­nangan Riza Falepi-Su­wan­del Muchtar, Anton Per­mana, me­nyebut ke­menangan F-WAN me­rupakan kemenangan mas­yarakat Payakumbuh.

Musrif DPP PKS Syaurium yang memantau jalannya Pil­wa­ko Payakumbuh, mengi­ngat­kan seluruh kader partai pengu­sung dan relawan F-WAN, agar ti­dak larut dalam euforia keme­na­ngan.

Ucapan Selamat

Kemenangan pasangan F-WAN juga diakui oleh sejumlah calon wali kota dan wakil wali ko­ta Payakumbuh. Calon wali kota dari jalur independen Mul­yadi Afmar, sejak Rabu sore sudah menulis ucapan selamat buat pasangan F-WAN di akun Fa­cebook-nya.

Ucapan serupa juga disam­paikan calon wali kota yang diusung PAN, Nusyirwan Nazar Sago. “Pertandingan su­dah usai, kita ucapkan selamat buat pasa­ngan Riza Falepi-Suwandel Muchtar sebagai pemenang. Mu­dah-mudahan, Payakumbuh ke depan, akan lebih baik,” ujarnya.

Nusyirwan mengatakan, wa­lau secara legitimasi KPU be­lum mengetok palu dan me­ne­tapkan ha­sil Pilwako, tapi kemenangan pa­sangan F-WAN memang sig­nifikan. “Kita harus sportif me­nga­kui hal tersebut dan kita ucap­­kan selamat. Saya sejak so­re, sudah menyampaikan se­la­mat,” ujarnya.

Sementara, pasangan calon wa­li kota dan wakil wali kota dari jalur independen, Desra-Fitma, kendati belum menyampaikan ucapan selamat secara langsung, tapi HajI Desra sejak meng­gu­nakan hak pilihnya di TPS I Ba­lai Nan Duo, Payakumbuh Ba­rat, sudah menyampaikan siap menang dan siap kalah.

Desra juga menyatakan, apa pun hasil pilwako harus dihor­mati, tidak perlu mela­kukan gu­ga­tan ke Mah­kamah Konstitusi se­panjang tidak ada bukti-bukti.

Sementara, pasangan Syam­sul Bahri-Weri Yunaldi, secara res­mi belum menyampaikan tang­gapan atas hasil pe­mungu­tan suara. Tapi Weri Yunaldi yang populer dipanggil Singa, te­lah mengirim ucapan selamat ke­pada pasangan F-WAN mela­lui Padang Ekspres.

”Semua teman, kakak, adik, ba­pak, niniak-mamak, dan bun­do kanduang, terimah kasih atas doa, dukungan dan par­ti­si­pasinya kepada tim SABAR. Mari kita bangun dan cin­tai kota kita dengan pim­pi­nan yang baru,” ujar Weri Yu­naldi sambil menitip pesan uca­pan selamat buat F-WAN.
Adapun pasangan Al­mai­syar-Dedrizal, belum me­nyam­paikan tanggapan resmi terkait ha­sil penghitungan suara se­men­tara. Kendati demikian, Ketua PPP Payakumbuh Ahmad Zifal selaku salah satu partai pe­ngusung Almaisyar-Dedrizal menyatakan bahwa mereka ma­sih menunggu hasil penetapan KPU.

“Kami masih menunggu hasil penetapan dari KPU. Untuk sementara, kami belum bisa memberi banyak komentar,” kata Ahmad Zifal didampingi Ke­tua PKB Faisal dan sejumlah kader Partai Golkar, saat ditemui Padang Ekspres di posko tim relawan Almaisyar-Dedrizal.

Tokoh masyarakat Paya­kum­buh Resnulius mengatakan, pes­ta demokrasi sudah usai, ting­gal menunggu hasil secara hu­kum dan administrasi. “Patut dan pantas kita berdoa kepada Yang Kuasa, semoga semua ka­la­ngan dan pihak menge­depan­kan kebersamaan di atas nilai-nilai ukhuwah. Semoga kita ti­dak memuarakan kepada me­nang atau kalah,” ujar Resnulius.

Hal serupa disampaikan to­koh masyarakat Luak Limo­pu­luah yang menetap di Padang, Ir­fendi Arbi. “Siapa pun yang me­nang dalam Pilwako Paya­kum­buh, semangat keber­samaan ha­rus tetap kita jaga. Pilwako satu putaran atau dua putaran, Luhak Li­mopuluah harus tetap kokoh,” ujarnya.

Proses pemilihan kepala dae­­rah Payakumbuh sendiri  ber­j­alan aman dan tertib. Tidak ada kericuhan sepanjang penco­blosan dan penghitungan suara berjalan. Kapolres  Payakumbuh AKBP Rubintoro Suhada, me­ngaku, menurunkan personel di setiap TPS.

0 Response to "Riza Falepi-Suwandel Menang Telak Pilwako Payakumbuh Satu Putaran"